Final Review – Anime Fall 2015 (Part 2)

fall 2015 new

Oke ini part 2 dari review Anime Fall 2015-nya. Gue bikin terpisah karena part 1 yang ada di post ini (silahkan di pencet) karena alasan udah kepanjangan. Melanjutkan dari nomor 7 seterusnya, ini anime sisa yang belum gue review. Yosh check below again =D

7. Tai-Madou Gakuen 35 Shiken Shoutai : Ketika skuad payah dan diremehkan mempunyai peran besar dalam cerita

squad1

Genre : Action, Ecchi, Fantasy, Romance, Harem, Supernatural, Military
Studio : Silver Link
Adaption : Light Novel

Dunia dimana sihir merupakan suatu hal yang jahat dan harus disingkirkan. Takeru Kusanagi masuk ke Akademi Anti Sihir demi membayar hutang orang tua dan meneruskan kehidupan adik kecilnya. Karena itu Takeru ingin menjadi agen bergaji tinggi dan naik pangkat. Tapi kenyataan berkata lain. Sudah setengah tahun semenjak kehidupan sekolahnya berjalan. Tetapi Takeru yang merupakan ketua dari skuad 35 dengan 2 anggota lainnya, tidak punya poin sama sekali dalam skuadnya. Nama lain skuad 35nya adalah skuad payah.

squad2

Suatu hari datanglah anggota pindahan, seorang perempuan bernama Ouka Outori ke skuad 35. Karena Ouka melanggar sebuah peraturan dalam misi yang dijalankannya, pangkatnya pun diturun kan dari agen resmi untuk masuk ke squad payah tersebut. Ouka sendiri merupakan murid papan atas karena sudah menjadi agen resmi pembasmi penyihir sejak SMP. Di anime ini, diceritakan bahwa Takeru adalah pengguna senjata pedang. Kemudian suatu hari ia bertemu dengan Lapis, salah satu Relic Eater yang merupakan senjata sihir yang digunakan oleh agen. Dimulailah kisah Takeru and the gangs dalam squad 35.

squad3

Endingnya, kalau menurut pendapat gue, agak ga jelas. Cerita akhir untuk anime ini adalah munculnya adik Takeru yang ternyata seorang penyihir berbahaya dengan level danger S. Kemudian Takeru yang ingin menyelamatkan adiknya, ia melakukan memperbaharui kontraknya dengan Lapis ke tingkat yang lebih tinggi. Setelah adiknya diselamatkan, anggota skuad 35 lainnya saling berkata bahwa mereka akan membantu Takeru melindungi adiknya dari incaran musuh yang menginginkan kekuatan besar sihirnya adik Takeru. Setelah itu selesai. Karena anime ini bersumber dari Light Novel juga, mungkin ya, cerita lebih lanjutnya mesti baca disana.

Ada 1 hal yang gue ga suka di anime ini. Yaitu penjelmaan dari sebuah Relic Eater adalah kostum seperti kamen rider pada si pemilik Relic Eater. Adegan actionnya udah bagus, tapi gue selalu terganggu adegan dimana Takeru berubah menjadi semacam kamen rider. Menurut gue kostum itu ga cocok dengan jalannya cerita wkwkw.

8. Utawerumono: Itsuwari no Kamen

utawerumono1

Genre : Action, Drama, Fantasy
Studio : White Fox
Adaption : Visual Novel

Kisah anime ini dibuka dengan munculnya pria yang lupa ingatan di sebuah pegunungan bersalju. Pria tersebut diserang oleh serangga raksasa tapi kemudian diselamatkan oleh cewek berkuping kucing bernama Kuon. Kemudian Kuon membawa pria tersebut dan menjadi wali penjaganya juga. Karena nama pun tidak ingat, Kuon akhirnya memberi nama pria itu Haku. Haku adalah pria dengan fisik yang lemah, tetapi kemampuan otaknya untuk berpikir, terutama dalam hal berhitung sangat cepat. Kemudian ada tokoh bernama Ukon yang tertarik dengan kemampuan berpikir cepat milik Haku. Ukon sendiri adalah Jenderal Oshutaru yang kadang menyamar sebagai rakyat biasa. Semenjak tinggal di ibukota (entah gue lupa nama kotanya atau emang ga disebutin), Haku pun terlibat dengan banyak orang yang unik dan begitulah kisah hidup dirinya dimulai.

utawerumono2

Sebenarnya anime ini adalah sekuel dari anime Utawerumono 9 tahun yang lalu. Adatapsi dari game VN yang katanya sih cukup populer. Karena gamenya sendiri sudah diadaptasi ke konsol PS3, PS4 dan PS Vita. Season pertamanya juga adatapsi dari VN. Gue sendiri blom nyentuh, atau bisa dibilang baru denger seri Utawerumono ini wkwk
Karena gue blom nonton sekuel pertamanya dan langsung loncat. Jadilah gue disini cuma review apa yang gue tonton tanpa embel-embel pengetahuan dari sekuel pertamanya *peace*

utawerumono3

Haku yang lupa ingatan, menurut gue adalah orang yang kayaknya santai aja dalam menjalani hidup. Buktinya dia ga mempertanyakan apa kehidupannya dia sebelum lupa ingatan. Anime ini lumayan ada fanservice dan ada bromance :3 Bromancenya tentu antara Haku dan Ukon. Lumayan buat selingan comedy cuci matanya. Walaupun gue ga nonton season pertamanya, gue suka sama anime yg satu ini. Comedynya kocak dan alur cerita yang santai. Ya walaupun gue penasaran kenapa itu sekumpulan manusia di anime punya kuping dan telinga binatang. Katanya sih misteri soal fisik itu bisa ditemukan di season pertama. Cuma ya gue males…
Anime ini blom tamat untuk season Fall 2015. Akan terus berlanjut penayangannya ke season winter 2015. Karena ceritanya yang nyaman di gue, kayaknya ga bakal gue drop ampe tamat.

9. Heavy Object

object3

Genre : Action, Mecha, Sci-Fi
Studio : J.C. Staff
Adaption : Light Novel

Dunia dimana tidak ada tank dan tentara yang saling adu tembak menembak ketika perang. Dunia dimana tiap negara yang berperang hanya menggunakan 1 senjata. Senjata itu adalah senjata pembunuh massal berukuran besar dengan daya hancur yang sangat besar. Sebutannya adalah Object. Object pertama kali diperkenal oleh sebuah negara kepulauan. Ketika pertama kali muncul, Object tidak hancur walaupun diserang oleh serangan dari aliansi 14 negara, Panjang Object bisa mencapai 50 meter dan memiliki armor yang berlapis-lapis. Kemudian negara-negara lain juga membuat Object. Semenjak itu, perang antar negara yang menggunakan Object menjadi perang yang bersih.

object1

Tokoh utama di anime ini adalah Qwenthur, seseorang yang ingin menjadi mekanik Object dan sahabatnya bernama Havia (atau heivia? Sumber penyebutan namanya ada yang berbeda sih), seorang anak bangsawan yang diharuskan oleh keluarganya untuk membuat prestasi agar bisa ditulis dalam ahli waris keluarga. Mereka hanya 2 dari sekian banyak prajurit kecil yang bekerja di balik layar dalam peperangan antar Object. Object sendiri dijalankan oleh seorang di dalamnya. Untuk negara bagian tempat mereka tinggal, Qwenthur dan Havia bekerja untuk Object bernama Baby Magnum yang dioperasikan oleh Milinda, dengan julukan seorang putri. Tapi secara tidak sengaja, Qwenthur dan Havia terjun langsung dalam perang antar Object. Mereka berhasil melumpuhkan Object dengan kemampuan otak, dan yang pasti keberanian alias nekat. Semenjak itu, mereka jadi sering dikirim untuk membantu melawan Object bersama Milinda.

object2

Awalnya gue pikir konsep ceritanya aneh. Gue pikir cuma perang antar benda raksasa dor duar cetar dor begitu. Ternyata makin kesini ceritanya makin menarik. Apalagi si duo pria yang jadi tokoh utama disini. Mereka pintar dan nekatnya berlebihan. Ada unsur komedinya juga di sela-sela perang yang mengancam nyawa mereka. Lucu dan gue suka. Ga terlalu dilebaykan. Jadi Qwenthur dan Havia selalu diposisikan di bagian depan perang untuk menyelidiki keberadaan atau kelemahan Object musuh. Kemudian si putri dengan Object “Baby Magnum”nya akan melakukan penyerangan dari belakang.
Anime ini juga belum tamat di season Fall 2015 ini. Tapi karena termasuk anime baru, jadi sekalian aja gue review. Sejauh ini ga mengecewakan untuk ditonton X3

10. Shingeki! Kyojin Chuugakkou

SNK1

Genre : Comedy, Parody, School, Shounen
Studio : Production I.G
Adaption : Manga

Anime parody dari anime Shingeki no Kyojin yang fenomenal *wink* Di anime ini, bisa ditemukan semua tokoh dalam SNK yang asli. Tidak terkecuali, para titan yang menyeramkan. Titan di anime ini berubah menjadi titan yang lucu X3

SNK2

Eren, Mikasa dan Armin baru saja masuk SMP Shingeki. Ketika mereka datang di hari pertama, mereka salah belok dan membuat mereka malah datang ke kawasan sekolah tempat titan berada. Eren dan kawan-kawan yang kaget, langsung melarikan diri dari serangan “benda besar berjatuhan” ketika berada di sekolah para raksasa itu. Kebencian Eren terhadap para titan pun muncul. Kebencian tersebut semakin parah ketika muncul segerombolan titan memasuki wilayah SMP Shingeki. Titan kolosal mengambil hal yang paling berharga bagi Eren, yaitu burger keju. Karena burger keju adalah makanan kesukaannya Eren, maka muncullah keinginan Eren untuk membasmi para Titan di seluruh dunia.

SNK3

Plesetannya bener-bener kreatif. Waktu awal episode, tokoh yang paling gue tunggu, tidak lain adalah Bang Levi ❤ Pengen liat tokoh Levi jadi apa disini. Ternyata Levi jadi kakak kelas dan anggota klub pembersih dinding. Levi disini sangat cinta kebersihan. Ia tidak suka melihat yang kotor dan dapat bersih-bersih dengan kecepatan super. Sesuai dugaan gue sebelum nonton, pasti Levi bakal berhubugan dengan bersih-bersih hahaha XD
Diceritakan bahwa Eren dkk masuk ke klub ini juga. Alat manuver digunakan para anggota klub itu terbang dan menempel di dinding sekolah agar mempermudah tugas bersih-bersih. Plesetan lainnya adalah titan yang suka merebut bekal dan makanan dari para murid SMP Shingeki. Hal itulah yang dianggap menakutkan di anime ini.

SNK4

Di setiap episode, disuguhkan keseharian para murid dengan unsur meleset dari cerita SNK yang asli. Anime yang easy-mind buat ditonton. Menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang sudah menonton serial SNK yang asli. Sambil menunggu season 2 nya yang akan keluar pertengahan tahun 2016, anime ini bisa menjadi salah satu tontonan dalam daftar =)

11. Subete ga F ni Naru – The Perfect Insider –

subete2

Genre : Mystery
Studio : A-1 Pictures
Adaption : Novel

Souhei Saikawa adalah seorang anggota dalam sebuah lab penelitian. Ia mengikuti liburan yang diadakan oleh anggota lab lainnya. Moe Nishinosono pun ikut serta dalam liburan tersebut. Mereka berdua sudah saling mengenal. Nishinosono yang baru saja berumur 19 tahun, menyukai Souhei yang umurnya beda jauh. Tapi Souhei mengatakan bahwa ia tertarik dengan Dr. Magata Shiki. Magata adalah seorang wanita jenius yang mengurung diri dalam sebuah tempat penelitian selama 15 tahun. Magata tidak pernah keluar semenjak kejadian dimana ia membunuh orang tuanya sendiri. Walaupun latar belakang kelamnya seperti itu, Dr. Magata tetap sangat berperan bagi orang luar karena kejeniusannya. Souhei pun kagum dengan sosok Dr. Magata dan hal itu membuat Nishinosono sedikiti cemburu.

subete3

Tempat liburan mereka berdekatan dengan lab penelitian Dr. Magata. Nishinosono yang terbilang beruntung pernah berbicara langsung dengan dengan Dr. Magata, walaupun lewat semacam video call, mengajak Souhei untuk pergi ke tempat lab milik Dr. Magata. Disana mereka berdua terlibat dalam kasus pembunuhan dalam ruangan. Korban yang terbunuh pun sangat tak dapat disangka. Karena Souhei dan Nishinosono melihat sosok Dr. Magata yang sudah meninggal dengan kedua kaki dan tangannya yang dimutilasi, serta sosok Dr. Magata yang memakai gaun pengantin. Mereka pun memutuskan untuk memecahkan misteri terserbut.

subete3

Anime misteri ala studio A-1 Pictures. Dari awal udah bikin gue curious banget bakal jadi kayak apa. Episode pertama, oke gue sama sekali tidak mengerti inti ceritanya. Episode selanjutnya, gue kaget dengan fakta Dr. Magata yang meninggal dengan cara yang gue ceritakan di atas. Lalu seiring berjalannya cerita, gue makin puyeng dengan kalimat yang berputar-putar dan terkesan misterius. Gue sebenarnya udah curiga sama salah satu tokoh yang muncul dalam anime ini. Memang sih ending ceritanya, dugaan gue benar. Tapi ada 1 kenyataan pendukung lainnya yang bikin gue ternganga.
Enaknya ketika nonton atau baca cerita misteri adalah saat lo nebak-nebak siapa pelaku. Kalo benar, gue merasa puas dan muji diri sendiri karena jenius *lebay* Minusnya dari anime ini adalah grafiknya yang terlihat biasa aja, tidak banyak yang ribet dan pewarnaannya kurang “hidup”. Penampilan orangnya juga menurut gue, terkesan biasa juga. Tapi karena ending ceritanya jauh dari dugaan, gue ga merasa wasting time buat nonton anime yang bikin otak gue agak muter ini LOL

full_size_20161029061754.jpg

Tamat juga seluruh gerombolan daftar anime gue di season Fall 2015. Banzaaai \o/ *mengucapkan selamat ke diri sendiri* Anime tontonan gue lainnya yang merupakan season 2, tidak gue review karena gue telat review season 1 nya. Jadinya gue merasa tidak perlu di review kalo jatuhnya cuma setengah setengah bercerita wkwk. Oh iya, dari 5 anime yang gue review di atas, lag opening yang bagus jatuh ke opening Utawerumono XD Lagunya enak dan makin greget di kuping gue pas bagian reff-nya. Sedangkan lagu ending, jatuh ke ending Heavy Object. Sekali lagi soundtrack yang dinyanyiin vokalis perempuan, emang selalu nyaman di kuping gue.

Sebenarnya di season ini, gue juga sempet nonton anime lain yang tidak gue sebutin di atas. Misalnya Comet Lucifer. Jujur aja, yang bikin gue mau coba anime ini adalah lagu openingnya yang diisi oleh fhana. Gue pikir karna pengisi lagu openingnya udah serius dan bagus, kayaknya ceritanya juga bakal seru. Iya sih lumayan seru. Tapi itu buat penyuka mecha. Anime ini bergenre fantasy, tapi battle actionnya pake mecha. Udah gue drop di episode 8. Gue sangat pemilih bila berhubungan dengan mecha. Ceritanya harus bener-bener menarik baru gue lanjut tonton, walaupun ada mechanya. Tapi bila cerita bagus dan sangat terlalu hardcore mechanya, gue juga ga suka. Sebut aja seri Gundam ._.

Kemudian ada anime Lance N’ Masques. Gambarnya mengecewakan gue. Karakternya terkesan anak-anak semua. Ceritanya tentang pria yang mempunyai sindrom pahlawan. Jadi bila ada yang kesulitan, pria itu akan langsung menolong dengan gayanya yang seperti pahlawan. Ga menarik buat gue. Udah drop di episode 3 wkwk. Next, anime Dance with Devil. Gue coba nonton ini karena terpancing dengan reverse haremnya. Tapi semua berubah ketika anime ini ternyata bercampur dengan unsur musikal. Sebenarnya ga masalah sih. Cuma ya, lagunya agak aneh dan ga dapet feelnya di gue. Masih mending anime reverse harem musikal yang Uta no Prince-sama =|

Anime Conrete Revolutio: Choujin Gensou udah gue drop di pertengahan cerita episode 1 ugh ._. Ceritanya kalo ga salah inget, berhubungan dengan time travel atau sejenisnya. Yang bikin gue langsung ogah lanjut adalah gambarnya. Mengingatkan gue sama anime Rolling Girls. Ga terlalu demen grafik yang kayak begitu. Lalu Valkyrie Drive – Mermaid – adalah anime yang sangat harus dihindari oleh para pria. Karena anime ini jatuhnya yuri hardcore. Bukan yuri lemah gemulai, tapi udah masuk tahap fisik (?) Gue drop di episode 4 karena sudah merasa tidak tahan dengan fanservicenya LOL

Hmm intinya anime season ini yang menurut gue sangat layak ditonton adalah :
1. One Punch Man
2. Ore ga Ojou-sama Gakkou ni ‘Shomin Sample’ Toshite Gets Sareta Ken
3. Heavy Object
4. Shingeki! Kyojin Chuugakkou

Sisanya terserah mau lo tonton atau ngga. Gue cuma mengeluarkan komentar pribadi gue saja disini. Oke jadi segitu aja review panjang lebarnya buat anime season Fall 2015. Part 1 nya dapat dilihat lagi disini (yuk mari dipencet). See you next post =D

Leave a Reply

