Review Buku #14 – Vanishing Girls (2015)

cover

The truth is this: it doesn’t take any skill to almost-die, or to almost-live, either.

Oke. Setelah menyelesaikan kalimat terakhir di cerita buku ini, Lauren Oliver pun masuk di daftar penulis favourite gue. Oke lagi. Sedikit review ceritanya versi gue.

Nichole Warren  aka Nick dan Dara Warren aka Dara adalah kakak beradik. Diceritakan banyak kenangan manis 2 perempuan ini dalam buku. Mereka sangat akrab dan selalu bermain bersama. Tidak dapat dipisahkan seakan ada lem yang mengekang mereka kemana saja. Di masa kecil indah mereka, ada 1 pria juga yang ikut serta dalam kenangan mereka. Pria tersebut bernama John Parker.

There’s no going back. Everyone knows that.

Ketika umur semakin bertambah, lingkungan pergaulan pun makin luas. Sifat pun mulai berubah, semakin dewasa juga. Nick tumbuh sebagai wanita yang bisa dibilang “taat peraturan” dan tidak terlalu liar untuk ukuran remaja perempuan umur 17 tahun. Beda dengan adiknya. Pergaulan Dara lebih bebas dan “nakal” dibandingkan Nick. Mulai banyak perbedaan antara mereka. Dara menyukai pesta, Nick tidak. Dara gonta ganti pacar, Nick tidak. Dara dengan makeup tebal dan baju youcansee-nya, Nick dengan kaos dan celana panjangnya. Walaupun begitu perbedaan mereka tidak menghilangkan rasa sayang masing-masing. Ketika Dara berkencan dengan Parker, hubungan mereka putus nyambung hingga 3 kali. Dara menyukai Parker, Parker menyukai wanita lain. Sedangkan Nick, hanya menjadi penonton.

Weird how you can confuse two feelings so different. Cold and hot. Pain and Love.

Cerita utama buku ini bermula dari kejadian pada 27 Maret, dimana Nick dan Dara mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut menyebabkan luka di wajah Dara. 3 bulan berlalu semenjak kecelakaan itu. Nick tidak ingat persis bagaimana kecelakaan itu terjadi. Sedangkan Dara tidak mau berbicara ataupun berhadapan dengan Nick lagi semenjak kecelakaan. Dara hanya mengurung di kamarnya. Di buku ini dikisahkan cerita dengan 2 sisi pandang, yaitu dari Nick dan Dara. Di sisi pandang Nick, ia sebenarnya sedih melihat Dara yang marah dengannya. Nick juga merasa hal itu wajar, karena dia yang mengemudi ketika kecelakaan tersebut. Sisi gelapnya adalah Nick yang sebenarnya iri dengan sosok Dara yang menjadi pusat perhatian orang di sekitarnya. Dara yang selalu bisa memikat banyak pria, dan bahkan Parker. Di sisi pandang Dara, ia tidak menyukai Nick yang dengan sifat “alim”nya dan selalu dapat diandalkan, terutama oleh orang tuanya. Ketika orang tua mereka bercerai, Dara tidak suka dengan sifat Nick yang menerima begitu saja keputusan itu. Dara yang selalu menyendiri dan mengurung di kamar karena keadaannya, membuat dirinya semakin tidak betah.

Ketika Nick yang bekerja paruh waktu di sebuah taman hiburan bernama Fanland dan Dara yang mengurung di rumah, ada berita tentang anak hilang bernama Madeline Snow. Kebetulan Madeline hilang di lokasi dimana kecelakaan Nick dan Dara terjadi. Mereka hanya menganggap hal itu sebuah kebetulan. Tapi di saat Dara menghilang tanpa kabar di malam ulang tahunnya sendiri, Nick yang mencari Dara pun dibingungkan oleh banyak misteri. Pencarian Dara ternyata berhubungan dengan hilangnya Madeline. Kemudian Nick pun bertekad untuk mencari tahu hubungan apa itu dan menemukan Dara sebelum semuanya terlambat.

Let the truth radiate toward you. Focus is about presence.

AH ceritanya bagus. Awalnya sih biasa, cerita tentang bagaimana kehidupan Nick dan Dara setelah kecelakaan itu. Tapi ketika sudah mengarah ke akhir cerita, terungkap kenyataan yang ga bisa gue duga. Penuturan kata yang digunakan untuk menceritakan kisahnya dari awal hingga akhir pun pelan tapi detail. Sayangnya hubungan antara Parker dengan “dia” tidak diberitahu secara jelas di akhir cerita. Dasar, pasti deh selalu pake metode “bayangin aja kelanjutannya sendiri”.

Masuk list recommended banget dari gue untuk yang nyari cerita dengan genre mystery-thriller.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s