Curcol Novel #25 – Embassy Row Series (2015 – 2016)

embassy row

Inside every secret, there’s a world of trouble.

Kali ini gue mau review trilogy Embassy Row yang beberapa waktu lalu sudah gue tamatkan. Dari cover buku pertama dan judulnya, gue pikir akan bertema dystopia. Tapi ternyata salah total. Genrenya mystery + suspense. Embassy Row disini adalah sebuah tempat dimana banyak gedung yang saling berdekatan. Setiap gedung mewakilkan suatu negara. Jadi misalkan kita ada di gedung negara Jerman yang bersebelahan dengan gedung negara Prancis. Lalu ketika kita melewati pagar dan lompat ke gedung sebelah, kita sudah berada di Prancis. Sungguh cepat berpindah lokasi di cerita ini LOL

Okay jadi sekilasnya seperti itu. Mari mulai review seadanya ini.

Tokoh utama di series adalah gadis bernama Grace yang baru saja kembali ke Adria. Di Adria adalah tempat dimana Embassy Row berada dan kebetulan kakeknya Grace adalah perwakilan Ambassador dari Amerika. Awalnya Grace terlihat tidak suka dengan kepindahannya. Sangat terlihat dari tingkahnya yang agak memberontak. Karena Adria adalah tempat dimana ibunya Grace terbunuh 3 tahun yang lalu. Semenjak peristiwa itu, Grace mengalami perawatan karena depresinya. Untung saja di Adria, Grace bertemu dengan Noah yang membantunya untuk beradaptasi dengan lingkungan di Embassy Row. Walaupun begitu Grace juga mesti berhati – hati. Karena banyaknya negara tetangga berdekatan, kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan permusuhan dengan negara tetangga itu.

I know not all people with scars are evil. I’m not living in a cartoon.

Secara tidak sengaja, Grace bertemu dengan pria yang iya yakini bahwa dia adalah pembunuh ibunya. Karena di ingatannya, ia jelas melihat pria itu ada ketika peristwa terbunuhnya ibu Grace berlangsung. Tapi semua orang di Embassy Row yakin bahwa kebakaran yang membunuh ibunya Grace itu murni kecelakaan. Grace yang bingung akan kebenaran sesungguhnya, ia dibantu dengan temannya pun mengikuti “pria pembunuh” itu. Tapi Grace malah menemukan fakta lain tentang pembunuh ibunya dan itu membuat Grace sangat hancur.

Konflik cerita tidak sampai disitu saja. Diketahui juga bahwa ada organisasi rahasia yang sudah terbentuk dari awal kota Adria berdiri. Ibunya Grace ternyata adalah bagian dari “Society” tersebut. Kemudian cerita beralih ke kasus terbunuhnya Spence. Orang yang menjadi tersangka terbunuhnya Spence adalah Alexei, pria yang membuat hati Grace bimbang. Grace yakin bahwa Alexei tidak bersalah. Karena itu Grace pun mencari tahu dalang di balik kematian Spence. Sekali lagi, Grace menemukan fakta yang mengejutkan. Siapa sangka bahwa akar dari semua kejadian yang terjadi adalah orang yang paling berpengaruh di kerajaan Adria. Ditambah lagi dengan penyakit panik yang diderita Grace membuat dia susah untuk memilih siapa yang dapat dipercaya. Grace harus waspada dengan orang sekitarnya karena kelanjutan hidupnya dipertaruhkan disini.

I know there’s no use in looking back. It’s started now. And looking back won’t do anything but make me turn to salt.

Karakter Grace disini adalah gadis yang kuat dan kukuh pada hal yang diyakininya. Ia akan mencari tahu hingga ke dasarnya. Lalu ketika fakta yang ia temukan masih belum membuat dia puas, walaupun itu menyakitkan, ia tetap bisa menegakkan kepalanya dan tegar. Keputusan yang ia ambil harus segera dilaksanakan karena ia tidak suka hal dilakukan setengah – tengah. Walaupun Grace sering dipandang sebagai gadis aneh karena depresinya dan halusinasi masa lalu yang tetap menyerang, ia tetap merupakan karakter idaman gue disini.

Series yang cukup memakan waktu. Alur ceritanya cepat sehingga gue mesti konsentrasi di setiap kalimat. Ally berhasil membuat gue bertanya – tanya di sepanjang cerita. Di saat gue sedang berpikir tentang misteri terbunuhnya ibu Grace, ternyata ada misteri lebih besar lagi yang menanti. Sehingga membuat gue tidak bisa berhenti dengan kisah Grace. Unsur romance di ceritanya tidak terlalu kental. Di awal cerita, gue berpikir bahwa Grace akan bersama Noah. Tapi ternyata seiring berjalannya cerita, Alexei membawah pengaruh besar ke Grace. Penggambaran konflik politiknya juga cukup memuaskan. Gue hampir tidak melihat sisi minus di gaya penulisan si author.

Because that’s the thing about hope- you can never kill it yourself.

Jadi dari banyaknya cerita bergenre misteri yang beredar, series yang ini kalau bisa jangan dilewatkan. Kalian akan dibuat bertanya – tanya sepanjang cerita dan itu hampir membuat gue penasaran abis. Untung saja ending kisah Grace ini tidak berakhir gantung. Ha ha ha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s