Final Review – Anime Spring 2017

Spring 2017

Kali ini gue akan review ala kadarnya untuk anime season Spring 2017. Anime season Spring kemarin tidak begitu banyak yang menarik minat gue. Listnya sih panjang tapi yang langsung drop juga banyak. Jadilah hanya sedikit. Oh by the way, anime yang sudah season 2 tidak gue review disini. Rencananya mau review di post terpisah.

1. Shuumatsu Nani Shitemasu ka Isogashii desu ka Sukute Moratte Ii desu ka

Genre                   : Sci-Fi, Drama, Romance, Fantasy
Studio                  : Satelight
Adaption             : Light Novel

shuumatsu2

Setting dunia yang dikisahkan dalam anime ini adalah dunia dimana tidak ada lagi manusia. Semua mahluk yang hidup hanyalah mahluk seperti manusia tetapi wujudnya berbulu seperti hewan. Manusia lenyap karena keberadaan monster yang disebut “Beast” atau mahluk buas. Untuk melawan Beast, diperlukan senjata bernama “Dug Weapon”. Namun Dug Weapon tidak bisa dipakai oleh sembarangan orang. Karena itu diciptakan mahluk yang disebut peri. Wujudnya manusia tapi juga tidak bisa dibilang manusia sejati.

shuumatsu1

Willem adalah manusia (?) yang akhirnya bangun setelah beratus tahun lalu tertidur. Ia pun melanjutkan kembali perjuangannya untuk melawan Beast. Willem ditugaskan untuk menjaga gudang senjata. Ia yang datang ke tempatnya bertugas, dikagetkan dengan fakta bahwa senjata yang dimaksudkan adalah sekelompok bocah perempuan. Ternyata mereka semua adalah peri yang nantinya akan mengorbankan nyawa untuk melawan Beast. Di tempat itu Willem juga bertemu peri perempuan bernama Chtholly. Bagaimana takdir hubungan Willem dengan Chtholly yang bisa berakhir kapan saja itu?

shuumatsu3

Jujur saja banyak plot hole dalam ceritanya. Tidak dijelaskan Willem itu sebenarnya apa. Kok bisa dia tidur lama tetapi masih awet muda gitu? Tidak dijelaskan juga asal mula dari peri. Gue berpikir mungkin dari sumber asli light novelnya ada penjelasan. Tapi sayang sekali gue tidak ada niat untuk baca light novelnya.
Sebenarnya anime ini ingin gue drop. Tapi sudah tanggung banget episodenya dan gue juga penasaran endingnya. Ternyata endingya tidak jelas dan samar banget. Tidak begitu gue rekomendasikan anime ini bagi yang belum baca light novelnya seperti gue. Ehe. Maaf.

2. Eromanga-sensei

Genre                   : Comedy, Drama, Romance
Studio                   : A – 1 Pictures
Adaption             : Light Novel

eromanga-sensei3

Masamune Izumi adalah pelajar SMA merangkap pengarang light novel. Sedangkan ilustrasi dalam light novelnya dibuat oleh seseorang yang dikenal sebagai “Eromanga Sensei”. Walaupun light novelnya sudah lumayan berjalan lama di pasaran, tapi Izumi tidak pernah bertemu dengan Eromanga Sensei tersebut. Izumi sendiri hanya tinggal berdua dengan adik perempuannya bernama Sagiri.

eromanga-sensei2

Sagiri tidak pernah meninggalkan kamarnya semenjak ia datang ke rumah Izumi setahun yang lalu. Ia selalu menyuruh Izumi untuk mengantarkan makanan untuknya. Izumi sebenarnya ingin Sagiri keluar dari kamar itu. Karena tentu saja Izumi ingin berhubungan akrab dengan keluarga satu – satunya yang ia miliki. Namun secara tidak sengaja, identitas asli Eromanga Sensei diketahui oleh Izumi. Ternyata selama ini Sagiri yang menggambar ilustrasi nakal untuk light novel miliknya.

eromanga-sensei1

Ide ceritanya lain dari yang lain. Adik perempuan menggemaskan ternyata seseorang yang hobi sekali menggambar ilustrasi nakal. Openingnya dinyanyikan oleh Claris berjudul “Hitorigoto” dan lagunya enak loh T_T Season ini anime Eromanga-sensei masuk list yang patut gue rekomendasikan.

3. Fukumenkei Noise

Genre                   : Music, Romance, Shoujo
Studio                   : Brain’s Base
Adaption             : Manga

fukumenkei_noise2

Nino adalah seorang gadis yang sangat suka bernyanyi. Bertahun – tahun lamanya ia selalu datang ke pantai untuk menyanyi. Ia menyanyi di tempat tersebut dengan harapan suatu saat Momo akan mendengar suaranya. Momo sendiri adalah teman masa kecilnya sekaligus cinta pertamanya yang pergi begitu saja. Nino yang sedih karena ditinggal Momo pun bertemu dengan Yuzu. Yuzu seorang pria yang suka membuat lagu. Namun ketika Yuzu dan Nino sudah dekat, Yuzu pun juga pergi meninggalkannya.

fukumenkei_noise1

Beberapa tahun kemudian, mereka bertiga dipertemukan kembali di satu SMA yang sama. Di sekolah tersebut, Nino masuk ke band yang sama dengan Yuzu. Ternyata band yang dijalankan Yuzu bukan band sekolahan biasa. “In No Hurry” adalah band indie yang terkenal dan sudah banyak penggemarnya. Nino akhirnya menjadi vokalis di band tersebut. Nino pun tetap bernyanyi dengan harapan bertemu Momo kembali melalui In No Hurry. Tapi ketika akhirnya Nino bertemu Momo, Momo tidak mau bertemu dengan Nino bahkan mendengar nyanyiannya.

fukumenkei_noise3

Romancenya ribet banget. Sudah sedikit, ribet pula tiap muncul. Jadi Yuzu suka banget sama Nino. Semua lagu yang ia buat selama ini sebenarnya ditunjukkan untuk dinyanyikan Nino suatu saat. Tapi Nino terlalu polos (atau bodoh) dan tidak peka. Nino sendiri menyukai Momo dan selalu mengejar Momo. Sedangkan Momo sebenarnya menyukai Nino tapi tidak berani bilang karena suatu alasan. Lalu ketika Momo pergi untuk kedua kalinya, Nino tetap setia akan menyanyi hingga suaranya digapai oleh Momo. Dan lagu yang dinyanyikan Nino untuk Momo adalah lagu yang diciptakan Yuzu yang sebenarnya untuk Nino. Terus gue mesti gimana gitu dengan mereka bertiga!?
Terus juga kenapa anime ini tidak masuk list drop? Soalnya gue suka lihat sosok Yuzu. Pendek tapi malu – malu *abaikan*

4. Roku de Nashi Majutsu Koushi to Akashic Records

Genre                   : Action, Magic, Fantasy, School
Studio                   : Liden Films
Adaption             : Light Novel

rokudenashi2

Glenn baru saja menjadi guru di sekolah sihir. Sebenarnya Glenn tidak mau mengajar, tapi tetap ia lakukan dengan setengah hati. Setiap ia datang ke kelasnya, Glenn menyuruh muridnya untuk belajar sendiri dan Glenn hanya bersantai. Para muridnya pun tidak suka dan menyepelekan Glenn. Lalu salah satu murid perempuannya yang bernama Sistine tidak kuat dengan kelakuan Glenn. Sistine pun mengajak duel Glenn. Glenn kalah dengan mudahnya. Bagaimana seorang pria seperti itu menjadi guru sihir? Begitu isi pikirannya Sistine.

rokudenashi1

Lalu ketika sekolah sihir mereka diserang oleh sekelompok penyihir jahat, Glenn menunjukkan kemampuan sesungguhnya dan menyelamatkan sekolah tersebut. Sistine yang ketika peristiwa itu dalam bahaya pun ditolong oleh Glenn. Semenjak itu pandangan semua murid Glenn berubah pada Glenn. Namun tetap saja Glenn adalah guru yang tidak serius dan kadang membuat muridnya geram. Dimulailah kehidupan sekolah Glenn bersama para muridnya.

rokudenashi3

Gue bukan penggemar anime dengan cerita orang dengan kekuatan sihir seperti ini. Sudah terlalu banyak yang ceritanya mirip begitu. Tapi untuk mengisi waktu ketika senggang ya mungkin tidak ada salahnya. Yang membedakan anime ini dengan anime sekolah sihir lainnya adalah tokoh cowoknya yang lebih tua karena sebagai guru. Biasanya yang sering gue temukan itu si cowok dan cewek umurnya sebaya, lalu ada masalah ini dan itu tapi pada akhirnya saling suka.

 

🙂 🙂 🙂

*POJOK TAMBAHAN*

Seperti yang gue beritahukan di atas, gue tidak kasih komentar untuk anime yang tidak tamat dalam 1 season. Rencananya mau di post terpisah tapi entah ini kapan moodnya keluar buat review ala kadarnya. Yang pasti 3 anime dengan keterangan season 2 di atas itu anime yang bagus dan tidak boleh dilewatkan.

re creators

Terus kok review Re Creators tidak ada? Ah anime ini masih berlanjut di season Summer 2017. Jadi sekalian aja gue review ketika sudah tamat. Masuk daftar anime yang sangat gue rekomendasikan kok. Ceritanya original dan tidak pasaran. Sekilasnya tentang tokoh dalam light novel terkenal menjadi kenyataan dan muncul di dunia. Munculnya itu tidak sekedar muncul doing wujudnya. Tetapi kekuatan yang mereka punya juga nyata. Lalu para tokoh light novel itu bertemu dengan penciptanya. Penciptanya tidak lain ya pengarang light novelnya =)

*POJOK TAMBAHAN LAGI*

Gue akan menceritakan sedikit beberapa anime yang akhirnya gue drop.

Ada anime season Spring 2017 kemarin yang merupakan adatapsi dari manga dewasa. Judulnya adalah Souryo to Majiwaru Shikiyoku no Yoru ni. Ceritanya itu tentang seorang perempuan yang menghadiri acara reuni sekolah dan ia bertemu dengan cinta pertamanya semasa sekolah. Tapi ternyata cinta pertamanya itu meneruskan kuil keluarganya dan menjadi biksu. BIKSU BERARTI BOTAK. Terus dimulai deh hubungan terlarang antara si perempuan dengan biksu. Anime gawat kan. Makanya gue langsung drop di episode pertama.

Kemudian lanjut ke Sakurada Reset. Sebelum anime ini tayang, dari sinopsisnya gue berpikir sepertinya menarik. Jadi ada sebuah kota bernama Sakurada dimana setengah penduduk kota tersebut mempunyai kekuatan special. 2 tokoh utamanya sendiri mempunyai kekuatatan special juga. Kemampuan untuk mengingat dengan sempurna apa yang ia lihat dan dengar, kemudian 1 lagi mempunyai kemampuan untuk memundurkan waktu maksimal 3 hari yang lalu. Entah ya dari episode 1 gue nontonnya langsung ngantuk. Alur ceritanya rada lama gitu =(

Clockwork Planet adalah anime adatapsi yang paling bikin gue kecewa. Inti ceritanya tentang dunia yang sudah berubah sepenuhnya menjadi sebuah mesin. Jadi ibaratnya itu bumi ini dijalankan dengan mesin. Lalu tokoh utamanya bernama Naoto. Naoto itu seorang pria yang jenius dalam mengutak atik mesin. Suatu saat ada kotak terjatuh menembus atap tempat tinggalnya. Di dalam kotak tersebut ada perempuan robot yang mempunyai kekuatan super dan karena Naoto yang memperbaiki dalaman mesin si robot perempuan itu, Naoto pun diangkat menjadi master si robot perempuan. Yang bikin gue kecewa sebenarnya adalah perwujudan tokohnya dalam anime. Para tokohnya terlalu seperti anak kecil sehingga tidak cocok dengan konsep cerita. Gue langsung drop juga di episode pertama. Haha.

Pasti ada yang bingung kenapa gue drop Renai Boukun. Anime yang diadaptasi dari manga ini genrenya comedy dan katanya manganya juga lumayan banyak peminat. Sehingga pasti banyak yang antisipasi untuk menonton anime ini. Tapi gue sudah tidak lanjut lagi kira – kira di episode 3 atau 4 gitu. Jadi tentang seorang malaikat berrnama Guri yang mempunyai misi untuk membantu percintaan antar manusia. Guri memakai buku dimana ketika ia menuliskan 2 nama di buku tersebut, 2 orang tersebut akan langsung menjadi pasangan. Tapi sayangnya Guri itu malaikat somplak yang menyukai percintaan sesama pria. Lalu Guri bertemu pria bernama Seiji yang intinya dia menjadi pasangannya Guri. Episode pertamanya lucu. Seriusan lucu. Tapi di episode selanjutnya comedynya jadi biasa. Gue pun nonton dengan raut wajah datar. Akhirnya gue tinggalkan saja anime ini. Maaf maaf saja ya :’) Tapi tidak ada salahnya kalian mencoba nonton. Sebenarnya anime ini tidak jelek kok. Masih lumayan banget daripada 3 anime drop di atas. Cuma mungkin saja standard humor gue terlalu tinggi WKWK

full_size_20161215230758

Oke segitu saja review anime Spring 2017-nya. Thanks banget sudah membaca hingga kalimat penutup ini. See you!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s