Review Buku #28 – Crown of Midnight ‘Throne of Glass 2’ (2013)

crown of midnight

A line that should never be crossed is about to be breached.

Celaena Sardothien berhasil memenangkan pertandingan yang sengit untuk menjadi Champion bagi Raja Adarlan. Tapi tidak ada kata “setia” dalam kamusnya bila berhadapan dengan Raja Adarlan. Celaena tahu bahwa pria yang ia layani penuh dengan kebusukan.

Sebagai Champion, Celaena diberi tugas untuk membunuh orang – orang yang dianggap berbahaya dan mengganggu rencana Raja Adarlan. Namun ada rahasia besar yang bila terbongkar, nyawa Celaena dan orang dekatnya akan terancam. Celaena selalu memalsukan kematian para targetnya. Semua targetnya hanya Celaena perintahkan untuk pergi jauh dari jangkauan Adarlan dan tidak boleh memakai nama asli mereka lagi. Lalu agar Raja Adarlan percaya bahwa targetnya sudah mati, Celaena mengambil mayat orang yang masih segar dari sick-house. Ia mencari yang wujudnya mirip dengan targetnya dan dibawa ke hadapan Raja. Karena jarak antara tempat tugasnya jauh dari kerajaan, mayat korban pasti sudah busuk dan susah dikenali. Itu makin memudahkan Celaena untuk membohongi Raja Adarlan. Kemudian ketika Celaena diperintahkan untuk membunuh Archer Finn, ia yakin untuk kali ini akan memakan waktu lama. Karena ia mengenal Archer di masa lalunya.

Everyone sounded the same when they died.

Nehemia, sahabat dekat Celaena sekaligus putri Eyllwe, terus mempertanyakan kapan ia bisa bertindak untuk menyelamatkan rakyatnya. Orang – orang Eyllwe yang diperbudak oleh Adarlan. Celaena belum berani untuk bertindak lebih karena bila rahasia terbongkar, nyawa Nehemia juga bisa melayang. Celaena berpikir bahwa ia harus mencari tahu apa rencana Raja Adarlan sebenarnya. Celaena berencana untuk mengetahuinya dari Archer sebelum ia memalsukan kematiannya.

To escape death, she’d become death.

Celaena memberi tahu Archer bahwa Raja Adarlan mengirim dirinya untuk membunuh Archer. Archer mengaku bahwa ia sama sekali tidak berniat untuk menyerang Raja Adarlan. Tapi karena nama Archer sudah masuk daftar target, Archer tetap harus pergi dari Rifthold (kota dimana Kerajaan Adarlan berdiri). Sebelum itu terjadi, Celaena bekerja sama dengan Archer untuk menyelidiki organisasi rahasia yang ingin menyerang Raja Adarlan. Celaena mendapatkan banyak nama yang menurut Archer berhubungan dengan organisasi rahasia. Kabarnya, organisasi rahasia itu ingin menemukan Aelin Galathynius, keturunan terakhir kerajaan Terrassen yang hilang. Aelin mampu memimpin dan mengumpulkan banyak pasukan untuk menyerang balik Adarlan. Tapi di sisi lain, Nehemia mengatakan jangan mempercayai Archer.

It was hard to care, she realized as she started the trek back to the castle. Incredibly hard to care, when you didn’t have anyone left to care about.

Ketika Celaena resmi menjadi Champion, hubungan dirinya dengan Dorian juga berakhir. Karena tidak mungkin ia menjalin hubungan rahasia dengan anak dari Raja Adarlan yang ia layani. Di sisi lain, Celaena semakin dekat dengan Chaol dan Dorian hanya melihat dari jauh. Berkali – kali Dorian menyaksikan kedekatan Chaol dan Celaena. Hal itu tentu membuat Dorian cemburu. Hingga suatu malam ketika pesta dansa diadakan, Dorian melihat Celaena dan Chaol berdansa. Saat itu juga Dorian memutuskan untuk move on dan melepaskan Celaena. Pada malam itu juga, Nehemia mengatakan suatu hal yang aneh pada Dorian. Sesuatu tentang kekuatan besar yang Dorian tidak sadari ada dalam dirinya. Jangan takut ketika kekuatan itu muncul, Nehemia mengatakan bahwa ia akan membantu Dorian.

I worry because I care. Gods help me, I know I shouldn’t, but I do. So I will always tell you to be careful, because I will always care what happens.

Ulang tahun Chaol tiba dan Celaena mempersiapkan hadiah untuk Chaol. Di malam ulang tahun Chaol, Celaena mengaku bahwa selama ini ia selalu memalsukan kematian para targetnya. Mendengar itu membuat Chaol sempat marah. Bukan karena Celaena yang tidak setia pada Raja Adarlan, tapi Chaol khawatir karena kenyataan itu membahayakan nyawa Celaena. Chaol tidak siap jika suatu hari ia diperintakan Raja Adarlan untuk mengeksekusi Celaena. Chaol bersumpah bahwa ia akan melindungi rahasia Celaena apapun yang terjadi. Malam itu juga, hati Celaena dan Chaol saling terbuka dan terkait.

The best lies were always mixed with truth.

Celaena juga menceritakan rahasia tentang kematian para targetnya pada Nehemia. Nehemia pun berharap agar Celaena segera mulai membantunya untuk menyelamatkan para budak. Namun Celaena belum berani dan Nehemia mengatakan bahwa Celaena seorang pengecut. Hal itu membuat hubungan mereka menjadi buruk dan tidak pernah bertemu lagi. Namun Celaena tidak tahu bahwa itu ada pertemuan terakhirnya dengan Nehemia.

“You’re remarkably judgmental.”
“What’s the point in having a mind if you don’t use it to make judgements?”

Setelah kepergian Nehemia, hidup Celaena seperti tembok yang runtuh. Hubungannya dengan Chaol juga berakhir karena suatu kebohongan fatal yang terungkap. Celaena tidak bisa melihat Chaol dengan mata yang sama lagi. Karena setiap Celaena melihat Chaol, ia seakan ingin membunuh Chaol tapi juga ingin menyentuhnya. Celaena sempat memberontak dan menyerang Chaol sehingga ia dimasukkan ke dalam sel bawah tanah. Di tempat itu ia bertemu kembali dengan Kaltain. Wanita keturunan bangsawan yang mencoba meracuni Celaena saat pertandingan Champion, namun usaha Kaltain gagal. Celaena menyadari ada yang ganjal dengan mimpi Kaltain. Kaltain menyebutkan bahwa ia melihat banyak bayangan hitam dan sayap. Hal itu sama seperti yang disebutkan Nehemia.

There was a time when people valued honor and loyalty — when serving a ruler wasn’t about obedience and fear.

Celaena merasa ada banyak hal yang disembunyikan Nehemia. Ketika Celaena menemukan petunjuk berupa puisi di makam raja dan ratu pertama Adarlan, Celaena memberanikan diri untuk bertanya pada Baba Yellowlegs. Celaena berpikir jika Yellowlegs benar seorang penyihir, mungkin Yellowlegs mengetahui sesuatu tentang puisi yang ditemukan Celaena. Celaena tidak menyangka ia akan diberitahui rahasia dunia dan rencana gelap Raja Adarlan. Rencana gelap Raja Adarlan yang bisa saja meruntuhkan dunia yang ia tinggali. Celaena harus menemukan kunci Wyrdkey sebelum seseorang dengan niat jahat menggunakannya. Lalu Celaena pergi ke dungeon rahasia di bagian terdalam perpustakaan kerajaan. Ia membuka gerbang besi yang ditemukannya. Konon, besi adalah material yang digunakan untuk menahan sihir. Celaena yakin bahwa ada sesuatu yang besar di balik gerbang besi itu. Tapi ternyata sesuatu itu jauh lebih besar dari dugaannya. Nyawa Celaena hampir saja melayang karena melewati gerbang besi ketika bertemu dengan…

From now on, there would be no other oaths but this, no other contracts, no other obligations. Never forgive, never forget.

Action + romance yang porsinya padat dan mendebarkan. Semakin baik dan semakin baik. Ceritanya lebih super daripada volume sebelumnya.
Musuh yang dihadapi oleh Celaena kali ini lebih menantang. Apalagi ketika diceritakan tentang perubahan Celaena menjadi Fae. Tapi bagian cerita action yang paling gue suka di buku kedua ini ketika Celaena berada dalam labirin. Tegangnya sangat tergambar jelas. Author series ini memang patut diacungi jempol.

So Dorian closed his eyes, and took another long breath. And when he opened his eyes, he let her go.

Gue merasa sedih banget di bagian sisi pandang Dorian ketika dia melihat Chaol dan Celaena. Tapi hati memang tidak bisa menipu. Celaena memang menyukai Chaol dan gue akui mereka pasangan yang pas. Walaupun hubungan Celaena dan Chaol singkat, tapi kesannya romantisnya berhasil diceritakan dengan baik. Terutama bagian “gudang alat bersih – bersih”. Kemudian ketika Nehemia pergi pun, gue bisa merasakan kesedihan yang dirasakan Celaena. Betapa stressnya Celaena dan betapa bersalahnya Chaol.

Lalu plot twist yang paling tidak gue pikirkan muncul di penghujung cerita. Ternyata nama “Aelin Galathynius” tidak hanya sekedar nama. Celaena dikirim ke Wendlyn, daerah yang jauh dari jangkauan Adarlan. Land of myths and monsters, a kingdom of dreams and nightmares made flesh. Bagaimana kisah selanjutnya? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s